Minggu, 20 Maret 2011

kebudayaan dan manusia

Kebudayaan adalah hasil kreasi manusia untuk menjadikan kehidupan lebih baik. Setiap bangsa mempunyai macam kebudayaan yang berbeda. Hal ini karena pola kehidupan mereka yang berbeda. Masalah kebudayaan memang seringkali menjadi bahan perbincangan hangat. Bahkan, tidak jarang masalah kebudayaan ini memanas hanya karena perbedaan apresiasi dan persepsi atas kebudayaan yang ada.

Kebudayaan itu bersifat spesifik sebab aspek ini menggambarkan pola kehidupan. Setiap bangsa pola kehidupannya berbeda. Jangankan antar bangsa, antar masyarakat di negeri yang sama saja seringkali terjadi perbedaan mengenai kebudayaan ini.

Oleh karena itulah, masalah kebudayaan dijadikan sebagai salah satu tonggak keberhasilan hidup masyarakat sebuah lingkungan. Masyarakat yang tingkat kebudayaannya tinggi, pasti kehidupan masyarakatnya tertata bagus.

Dalam kehidupan ini, setiap proses interaksi antar personal dilakukan dengan tingkat friksi yang tinggi. Tingkat friksi ini kadangkala menyebabkan benturan yang jika tidak didasari budaya tinggi, maka dapat menyebabkan kekacauan dan kerusakan.

Sudah banyak contoh dalam kehidupan Anda dimana masalah kebudayaan telah menjadi pemicu dan pemacu benturan antar personil masyarakat. Dan, pada akhirnya yang mengalami kerugian adalah masyarakat juga.

http://www.anneahira.com/masalah-kebudayaan.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar