PROTOTYPING merupakan alat yang digunakan untuk
mensimulasikan beberapa atau tidak semua fitur dari sistem yang akan dibuat.
Terdapat
3 pendekatan utama prototyping, yaitu:
• THROW-AWAY
• INCREMENTAL
• EVOLUTIONARY
Terdapat
beberapa masalah potensial yang terkait dengan prototyping, seperti:
• WAKTU
• RENCANA
• FITUR NON-FUNGSIONAL
• KONTRAK
Teknik Prototyping
Terdapat
beberapa terdapat beberapa teknik yang digunakan untuk membuat rapid prototype,
seperti:
• STORYBOARD
• SIMULASI FUNGSI TERBATAS
• HIGH-LEVEL PROGRAMING SUPPORT
Dimensi Prototype
1.
Penyajian
2.
Lingkup
3.
Executability
4.
Maturation
Metode prototyping
Metode prototyping
sebagai suatu paradigma baru dalam pengembangan sistem informasi
manajemen,tidak hanya sekedar suatu efolusi dari metode pengembangan sistem
informasi yang sudah ada, tetapisekaligus merupakan refolusi dalam pengembangan
sistem informasi manajemen. Metode ini dikjatakanrefolusi karena merubah proses
pengembangan sistem informasi yang lama (SDLC).
Deskripsi Desain
Dapat
berupa deskripsi tekstual dari suatu desain sistem.
-
Kelemahan yang nyata adalah seberapa jauh dari sistem yang sebenarnya.
- Tidak
dapat melakukan suatu pekerjaan yang mewakili aspek dari interface.
Sketsa
-
Paper-Based “menggambarkan” interface.
- Baik
untuk mengungkapkan pendapat.
-
Difokuskan pada orang dengan desain tingkat tinggi.
- Tidak
terlalu baik untuk menggambarkan alur dan rinciannya.
- Murah
dan cepat
Skenario
Hipotesis atau imajinasi penggunaan.
-
Biasanya menyertakan beberapa orang, peristiwa, lingkungan dan situasi.
-
Menyediakan konteks operasi.
-
Terkadang dalam format naratif, tetapi juga dapat berupa sketsa atau bahkan
video.
Terminologi
1.
Prototype Horisontal
2.
Prototype Vertikal
3. Early
Prototyping
4. Late
Prototyping
5.
Low-fidelity Prototyping
6.
Mid-fidelity prototyping
7.
High-fidelity prototyping
Prototyping Tools
1.
Draw/Paint Program
2.
Scripted Simulations/Slide Show
3.
Interface Builders
Tahapan-tahapan Prototyping
a.
Pengumpulan kebutuhan.
b.
Membangun prototyping.
c.
Evaluasi protoptyping.
d.
Mengkodekan system.
e.
Menguji system.
f.
Evaluasi Sistem.
g.
Menggunakan system.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar