Sabtu, 22 Oktober 2011

PROTOTYPING


PROTOTYPING  merupakan alat yang digunakan untuk mensimulasikan beberapa atau tidak semua fitur dari sistem yang akan dibuat.
Terdapat 3 pendekatan utama prototyping, yaitu:
        THROW-AWAY
        INCREMENTAL
        EVOLUTIONARY
Terdapat beberapa masalah potensial yang terkait dengan prototyping, seperti:
        WAKTU
        RENCANA
        FITUR NON-FUNGSIONAL
        KONTRAK
Teknik Prototyping
Terdapat beberapa terdapat beberapa teknik yang digunakan untuk membuat rapid prototype, seperti:
        STORYBOARD
        SIMULASI FUNGSI TERBATAS
        HIGH-LEVEL PROGRAMING SUPPORT
Dimensi Prototype
1. Penyajian
2. Lingkup
3. Executability
4. Maturation
Metode prototyping
Metode prototyping sebagai suatu paradigma baru dalam pengembangan sistem informasi manajemen,tidak hanya sekedar suatu efolusi dari metode pengembangan sistem informasi yang sudah ada, tetapisekaligus merupakan refolusi dalam pengembangan sistem informasi manajemen. Metode ini dikjatakanrefolusi karena merubah proses pengembangan sistem informasi yang lama (SDLC).
Deskripsi Desain
Dapat berupa deskripsi tekstual dari suatu desain sistem.
- Kelemahan yang nyata adalah seberapa jauh dari sistem yang sebenarnya.
- Tidak dapat melakukan suatu pekerjaan yang mewakili aspek dari interface.
Sketsa
- Paper-Based “menggambarkan” interface.
- Baik untuk mengungkapkan pendapat.
- Difokuskan pada orang dengan desain tingkat tinggi.
- Tidak terlalu baik untuk menggambarkan alur dan rinciannya.
- Murah dan cepat 
Skenario
 Hipotesis atau imajinasi penggunaan.
- Biasanya menyertakan beberapa orang, peristiwa, lingkungan dan situasi.
- Menyediakan konteks operasi.
- Terkadang dalam format naratif, tetapi juga dapat berupa sketsa atau bahkan video.
Terminologi
1. Prototype Horisontal
2. Prototype Vertikal
3. Early Prototyping
4. Late Prototyping
5. Low-fidelity Prototyping
6. Mid-fidelity prototyping
7. High-fidelity prototyping
Prototyping Tools
1. Draw/Paint Program
2. Scripted Simulations/Slide Show
3. Interface Builders
Tahapan-tahapan Prototyping
a.    Pengumpulan kebutuhan.
b.    Membangun prototyping.
c.    Evaluasi protoptyping.
d.    Mengkodekan system.
e.    Menguji system.
f.    Evaluasi Sistem.
g.    Menggunakan system.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar